Rabu, 19 Oktober 2016

MEMULAI MENULIS

Memulai menulis kalau tidak terbiasa akan berat. seperti sekarang ini harusnya aku nulis artikel tapi karena tiba-tiba mentok aku putuskan untuk menulis blog dulu. sambil ngisi blog yang udah lama ga diisi sayang aja padahal dibuat dari tahun 2009.

memang menulis itu masalah kebiasaan. ketika sudah terbiasa maka akan menjadi ketrampilan. tidak harus sekolah tinggi-tinggi untuk bisa menulis, asal tekun dan konsisten maka tulisanmu lambat laun akan menjadi bagus.

aku termasuk orang yang kurang konsisten, makanya mulai sekarang aku harus berusaha terus buat nulis, apapun itu. tema yang biasanya aku tulis selalu berkaitan dengan politik, karena itulah yang paling aku kuasai. kita mulai dari apa yang paling dikuasai dulu.

Sudah dari dulu merencakan nulis blog tiap malam tapi belum kesampaian.
di sekolah tjokro ini buat memacu diri sendiri aku paksa anak-anak peserta sekolah tjokro buat nulis setiap habis materi di blognya masing-masing.

Selain buat mempopulerkan sekolah tjokro, peserta sekolah tjokro akan merasakan manfaat dari memaksa diri sendiri untuk menulis. Memang dimulai dari keterpaksaan tapi setelah itu kan muncul kebiasaan.

teringat perkataan dari ahmad fuadi, penulis negeri lima menara. Bahwa beliau itu selalu menulis buku harian setiap malam, itulah yang mengasah otot menulisnya. ditambah setelah itu beliau aktif menulis di berbagai media massa. menulis di media massa merangsang kapasitas berfikir dan kejelian menangkap fenomena sosial.

Di komisariat aku juga yang mendorong anak-anak buat menulis di media, salah satu corong langganan kita adalah suara mahasiswa koran sindo. Menulis di suara mahasiswa sangat mudah -bagi yang terbiasa- cukup 450 kata dan temanya sudah ditentukan setiap dua minggu. Setiap kampus pun sudah dijatah, sehingga akan selalu ada tulisan dari kampus masing-masing. Selanjutnya tinggal niat dan kemauan untuk menulis.

Rajin-rajinlah kawan!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Pages

Mengenai Saya

Foto saya
jogjakarta, DIY, Indonesia
Mahasiswa Politik dan pemerintahan , Fisipol, UGM

Pengikut