Selasa, 25 Oktober 2016

IDEOPOLITORSTRATAK

para peserta upgrading IDEOPOLITORSTRATAK



Ini adalah materi yang menjadi ciri khas di HMI. Ideopolitorstratak merupakan akronim dari ideologi, politik, organisasi, strategi dan taktik. Sebuah rangkaian konsep yang disambungkan dengan tujuan tertentu.

Aku kemarin malam diminta menghantar materi ini dalam agenda upgrading Komisariat yang pertama. Materi ini memang sangat menarik, karena membuka wawasan berfikir kita.

apalagi bagi calon-calon politisi yang akan bertarung di medan materi ini biasanya menjadi bekalnya.

Alhamdulilillah anak-anak sangat antusias mengikuti materinya, yang hadir sekitar 20 orang. Bahkan kita kedatangan tamu dari universitas negeri padang (UNP) para kohati angkatan 2013. mereka mampir ke sekre karena disarankan seniornya dori asri wijaya temen sewaktu PPB 8. mereka juga ada di Jogja karena mengikuti acara PPB 10. Kemudian ketiga gadis yang cantik-cantik ini mampir dulu ke sekre karena besoknya mereka mau pulang ke Padang, kecuali satu orang yang lagi eschange di UNY.

Sedang khusyuk mendengarkan materi

Ideopolitorstratak

Materi ini berisi beberapa konsep, seperti ideologi, politik, organisasi, strategi dan taktik. karena konsepnya yang sangat luas dan panjang pembahasannya. di awal sesi aku memberikan peta pemikiran dulu yang diadaptasi dari Pierre bourdieu seorng filsuf kenamaan kontemporer dari Perancis. Peta pemikiran ini aku dapat sewaktu menjadi modertor pak Aprinus Salam ketua pusat studi kebudayaan UGM. Sewaktu mendengarkan ceramah beliau aku sangat terkesan, setelah aku cari tau lagi setelahnya ternyat beliau menjelaskan peta konsep habitusnya pierre bourdieu tentang pembentukan kepribadian individu.

Gambarnya ada di catatanku nanti kalo sempet aku fotoin.

Dari peta tersebut aku menunjukkan bahwa setiap individu manusia kepribadiannya akan terbentuk sejak dia lahir ke muka bumi. dimulai dari kedua orang tuanya, kehiduapan di keluarganya, kemudian lingkungannya. Dilanjut layer dimana negara memberikan pengaruh melalui sistem pendidikan formal. selain itu juga ada pengaruh dari dunia internasional yang berkepentingan merubah kebudayaan dan kepribadian bangsa.

Kehidupan kepribadian seseoarang akan berjalan dalam trajektori. Trajektori ini artinya jalur atau trayek tertentu, tergantung bagaimana seseorang tersebut menentukan strategi dalam hidupnya. dimulai dari dimana dia bersekolah SD, SMP, SMA hingga menapaki bangku kuliah. Semua hal tersebut akan mempengaruhi kebudayaan dan kepribadian seorang anak. Kemudian setelah itu organisasi apa yang dia ikuti, itu juga akan mempengaruhi perjalanan hidupnya.

kepribadian tersebut akan menentukan dimana dia akan berada di masa depan. Karena masa depan adalah sebuah misteri maka kita harus mempersiapkannya dengan strategi dan taktik. Sementara itu, kehidupan awal kita hingga saat ini tidak terlepad dari konstruksi negara yang berkepentingan terhadap setiap individu untuk mendukung sistem sosialnya. pengaruh negera ini kita sebut dengan hegemoni.

itu adalah sesi yang pertama

Sesi kedua, aku menjelaskan tentang Ideologi, darimana diksi itu berasal, definisi dan konsepnya. Aku bertanya pada mereka, "saudara-saudara kita di HTI mengatakan bahwa Islam, Komunis dan Kapitalisme adalah tiga ideologi yang ada di dunia, menurut temen-temen bagaimana?". mulailah muncul berbagi macam pendapat, pertama mengatakan bahwa agama bukan ideologi karena agama adalah teologi.

Sebenarnya diksi ideologi itu memiliki sejarah yang panjang. pertama, munculnya diksi itu karena ada semangat dari para ilmuan untuk memisahkan institusi geraka dan kerajaan. kemudain muncul statemen, berikan urusan agama kepada gereja dan urusan duniawi.


Singkat cereta mereka sangat menikmati materinya dan semua TOR sudah aku berhasil aku jawab. InsyaAllah apa yang sedikir ini memberikan arti bagi kehidupan mereka.



 





0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Pages

Mengenai Saya

Foto saya
jogjakarta, DIY, Indonesia
Mahasiswa Politik dan pemerintahan , Fisipol, UGM

Pengikut